Kamis, 03 Juni 2010

SELAMATAN NETES DAN KANDUNGAN

Sawer pada selamatan netes yaitu selamatan sehubungan dengan saat pembuahan atau pembenihan. Yang sering diselamati terutama yang netes Sapar, ialah yang dibuahi bulan Sapar.
Selamatan itu maksudnya supaya tidak sasapareun, yakni pemarah atau suka berkelahi seperti tabiat anjing. Untuk wanita supaya tidak raris anjing, ialah banyak yang menyukai (laki-laki) tetapi kurang pemberiannya. Pada sebagian tempat, yang disebut sasapareun itu ialah yang lahir bulan Sapar.


SELAMATAN KANDUNGAN
Umumnya yang diselamatkan adalah mulai kandungan berumur tiga bulan, empat bulan, lima bulan, tujuh bulan, dan sembilan bulan. Pada selamtan setiap bulan itu, alat-alat kelengkapan upacara dan sesajen disesuaikan dengan arti perlambang.
Tiga bulan: sedekah bubur merah dan putih, peralatan berupa air dalam  kendi, minyak wijen dan minyak kelapa yang telah didoai.
Empat bulan: sedekah ketupat, leupeut dan tangtang angin
Lima bulan: sedekah bangsal (gabah) yang ditaruh dalam bokor (bejana) ditutup dengan daun labu air; untuk dimakan dibuat juga nasi tumpeng atau nasi uduk.
Sembilan bulan: sedekah bubur lolos, yakni bubur tepung kental, dibungkus dengan daun pisang yang berminyak, lalu digulungkan.
Pada upacara kandungan tiga bulan sampai dengan sembilan bulan (kecuali 7 bulan) yang dapat diartikan nyawer adalah pembacaan mantra magis oleh paraji (dukun bayi), yang biasanya diikuti dengan menciptrakan air memakai daun hanjuang (andung) ke kepala, tubuh dan ruangan sekelilingnya, diikuti dengan bubuara (menyembuhkan) buru beuweung ramuan yang dikunya sebagai usaha mengusir roh jahat.
Pada selamatan menujuh bulan, yang umumnya dianggap terpenting dari upacara selamatan kandungan, sawer yang dituturkan tidak hanya berupa mantra, tapi berupa puisi sawer yang panjang dan lengkap, seperti halnya pada upacara khitanan atau pernikahan.
Upacara menujuh bulan ini biasanya disebut tingkeban, tebus weteng atau babarik Tingkeban berarti “tutup”, maksudnya sebagai kias bahwa sang suami tidak boleh berhubungan lagi dengan istrinya. Tebus weteng artinya bersedekah menyelamatkan weteng (kandungan), karena bayi dalam kandungan sudah berupa manusia. Babarik: barik (bersama-sama), maksudnya menyelamatkan yang mengandung dan yang dikandung.
Alat dan sesajen untuk upacara tingkeban sangat lengkap. Umumnya dalam jumlah serba tujuh, misalnya: macam umbi-umbian, kacang-kacangan, bunga rampai mayang pinang daun andung, kluwih, labu besar, daun pial ayam, panglay “bengle” dan jaringan, kelapa gading yang diberi lukisan Arjuna dan Subadra, jarum, elekan (ruas bambu), tapisan, air dalam kendi, jambangan air, rujak kanistren, yakni rujak tumbuk terdiri atas bermacam-macam umbi dan buah-buahan, bubur merah putih, belut dan kain yang masih baru tujuh lembar.
Pagelaran sawer tingkeb dilakukan setelah undangan berkumpul. Tetua membaca doa, air dalam kendi diberi doa nurbuat ,lalu dicampurkan ke dalam air di jambangan/tempayan yang sudah diberi bunga rampai untuk mandi calon ibu.
Sawer Tingkeban dituturkan, biasanya oleh dukun bayi, lalu calon ibu dimandikan dengan upacara. Setelah dimandikan calon ibu berganti pakaian, lalu menghadapi rujak kanistren, yang dijual kepada pengunjung dengan alat pembayaran berupa potongan genting yang dibulatkan sebesar uang benggol.

Contoh Sawer Tingkeban


1.  Pun ampun ka Sang Rumuhun
amit  ka nu gaduh lembur
maap sakur anu aya
punten ka juraganana

2.  Astagfirullahaladim
baju numpang hudang rasa
nu bakal jadi cahaya
cahaya bakal manusa

3.  Manusa nu bade lahir
aya dina panitisan
nitis dina gaib heula
samemeh nitis ka rama

4.  Nelah kasebat datullah
ngaliah nitis ka sang rama
salin ngancik salin asma
nur lenggang putih kancana

5.  Nu jadi pusering bakal
bakalna pancering hirup
ti rama bakal nu putih
ti ibu bakal nu kuning

6.  Pat puluh dinten lamina
nyurupna aya di rama
salin ngancik salin asma
nur lenggang putih kancana

7.  Awor kaulaning Gusti
mung tujuh dinten lamina
mangrupi jadi nur cahya
tumaninah sareng mulya

8.  Linggih dina cupu manik
nur cahya nitis lugina
lamaun salapan bulan
mangrupi badan rohani

9.  Ngancik dina bumi suci
ngaliwat sanghiyang rasa
mapay ka sanghyang tinggal
ngalih ka sanghyang cahya

10.   Metu ka sanghyang guru
lungguh di tangkal alhamdu
lenggah di tangkal bismillah
ngenclong rupana manusa

11.   Nanging masih babakalan
herang bakal baetal mulya
hurung bakal baetal mamur
ngeplak bakal baetal iklas

12.   Ka lenting kekeling peujit
ka lengleng lakuning santen
kama nu jadi cahaya
cahaya rupa manusa

13.   Geus calik dina paranti
geus aya dina laksana
geus tereh ngancik di dunya
geura gebrol dina waktuna

14.   Tulisna geura teangan
upami acan kapendak
ulah sono kana kejo
wayahna lapar tirakat

15.   Utun inji jol kadunya
ditampa paraji lahir
sumangga geura pelesir
ulah risi ulah gimir

16.   Suhunkeun rijki ti kadim
darajat urang ti kudrat
ayana di kebon alas
mana seueur katuangan

17.   Anu matak aya ruak
panggeuing poma ngalunjak
anu matak aya damar
bilih urang kasamaran

18.   Mana kudu aya payung
payung tilu nu ti ibu
hartosna ulah kaliru
mangpaat mulus rahayu

19.   Payung dua nu ti rama
watekna ngahudang rasa
payung opat nu ti kudrat
mawatna loba nu welas

20.   Payung lima nu ti eyang
watek asihan pangemat
kagenep tujuh ti uyut
ngagimbung anu milucu

21.   Disawer ku beas beureum
beas bodas nyaracas
netepkeun sumsum balungna
sampurna mahi jayana

22.   Mahi ceuk panyebut kuring
utun teu leungiteun kuring
inji nu nganteur kahayang
kahayang nganteur kaeling

23.   Eling ka diri pribadi
carita luyu jeung ati
henteu tebih kana diri
mariksa diri pribadi


24.   Pribadi ngukur ka tangtung
tangtung ngaginding sorangan
sorangan anu ngajaring
kudrat anu ngadamel kuring

25.   Ngutus nguping jeung ngagugu
kulhu sungsang jeung alhamdu
singa malang dipapag Allah
disangga ku Rasulullah



Majalah Mangle, 1963

Tidak ada komentar:

Posting Komentar